Berita

 

Sedot Bengawan Solo, Angkat Gresik Utara

 
 

PROGRAM BESAR : Achmad Djauhar Arifin, Sambari Halim dan Gus Ali Masyhuri dalam Sarasehan Di Polowijo Gosari Group – Gresik

 

sarasehan PolowijoPOLOWIJOGOSARI.COM, GRESIK – Lahan pertanian di Gresik Utara bakal tumbuh subur. Tiga tahun lalu, PT Polowijo Gosari Group menghibahkan waduk seluas 50 hektare di Desa Sukodono, Kecamatan Panceng, kepada Pemkab Gresik. Waduk itu segera diisi air Bengawan Solo untuk irigasi ribuan hektare sawah.

Bupati Sambari Halim Radianto mengatakan telah mendapatkan lampu hijau dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo. BBWS mengizinkan pemanfaatan air sungai tersebut untuk mengisi waduk. ”Waduk itu bisa menampung air 5 juta meter kubik,” ujar Sambari saat menghadiri sarasehan HUT Ke-37 PT Polowijo Gosari kemarin (12/5).

Selain Sambari, sarasehan dihadiri KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Sidoarjo, CEO Polowijo Achmad Djauhar Arifin, serta tokoh-tokoh dan masyarakat tiga desa. Yakni, Sekapuk, Gosari, dan Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah. Mereka juga mengikuti pasar rakyat, pembagian sembako gratis, dan sunatan masalah.

Sambari menyatakan, ada empat desa yang akan dilalui pipa untuk menyedot air Bengawan Solo itu. Yaitu, Desa Sekargadung, Imaan, dan Wotansari di Kecamatan Dukun, serta Sukodono, Panceng. ”Lahan yang akan dialiri lebih dari 2 ribu hektare,” jelasnya. Jika selama ini mereka mengandalkan air tadah hujan untuk pertanian dan perkebunan, nanti itu tidak perlu lagi.

CEO Polowijo Gosari Achmad Djauhar Arifin menambahkan, waduk tersebut bisa merealisasikan agropolitan di Gresik Utara. Kawasan yang 37 tahun lalu masih dianggap hantu itu akan menjadi incaran investor. Arifin mengestimasikan, investasi mencapai sekitar Rp 100 triliun. Tenaga kerja (naker) yang terserap 400 ribu orang. ”Seratus ribu naker di bidang hortikultura. Dan, 300 ribu untuk tenaga kerja lain,” ungkapnya. (yad/c7/roz) / (sumber : pressreader.com/Jawapos)

 

New Image

Gresik, 11 Mei 2015, Acara Sunatan Masal, dalam rangka HUT PT. Polowijo Gosari yang ke 37

 

New Image2.

Gresik, 11 Mei 2015, Acara Pembagian Sembako (beras@10Kg) sebanyak 1500 bungkus, dalam rangka HUT PT. Polowijo Gosari yang ke 37